Integrasi Antar Aplikasi Office

Integrasi Antar Aplikasi Office 


Apa itu Integrasi?

Integrasi adalah adanya saling keterkaitan antar sub sistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.


Apa tujuan Integrasi Antar Aplikasi Microsoft Office?

Integrasi Aplikasi Microsoft Office bertujuan untuk menggabungkan aplikasi lain dalam satu aplikasi.


Integrasi terbagi menjadi 2 macam :

1.) Integrasi Data

Adalah proses yang menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang        berbeda,serta dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau sempurna.

2.) Integrasi Sistem

rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional


Definisi Integrasi 

Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari 1 sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain


Cara Mengintegrasi aplikasi 

1.) Pemanggilan prosedur / function : Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain. 

2.) Messaging : Aplikasi saling berhubung satu sama lain dengan bertukar pesan 

3.) Sharing database : Pengirim dan penerima menggunakan database untuk pertukaran data. Pengirim mengirim datanya ke suatu tabel di database untuk dibaca oleh penerima.

4.) File transfer : Mekanisme yang format file dan struktur data didalam nya sudah ditentukan, demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.


Manfaat Integrasi

1.) Sumber utama

2.) Database tertata rapi

3.) User interfece yang lebih konsisten



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=haAODD7gbMg


Sekian Terimakasih

Wassalamualaikum Wr.Wb.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Data dalam Pemograman

Masyarakat Digital : Cara Menumbuhkan Budaya Kerja sama yang Baik Dalam Tim

Mail Merge Pada Microsoft Office