Bagaimana Budaya Kerja Pada Kemajuan Teknologi Informasi?

 Bagaimana Budaya Kerja Pada Kemajuan Teknologi Informasi?


Seperti yang kita ketahui, di era sekarang kita mengalami kemajuan yang cukup pesat dalam teknologi, salah satunya pada bidang teknologi informasi. Kemajuan yang terjadi pada bidang teknologi informasi berpengaruh positif terhadap budaya organisasi/perusahaan dan kinerja karyawan. Pemanfaatan teknologi dirasa sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan.


Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan TI akan cenderung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan bisnis mereka. Sistem informasi melakukan beberapa fungsi yaitu mengumpulkan data, melakukan pemprosesan data, manajemen data, pengendalian data dan penghasil data. Beberapa fungsi yang dilakukan dengan menggunakan sistem informasi dalam berproses bisnis terdiri dari pemprosesan transaksi pengawasan pengingat dan penggalian informasi. Adanya sistem informasi berbasis teknologi mengacu pada tujuan sistem informasi itu sendiri serta sisteminformasi mendukung fungsi penyediaan informasibagi pihak manajemen, serta sebagai sarana pendukung untuk kegiatan operasional perusahaan sehari-hari.


Kemajuan ilmu dan teknologi informasi telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas dan kegiatannya. Keberadaan dan peranan teknologi informasi telah membawa era baru perkembangan dunia kerja. Walaupun sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat, tetapi perkembangan tersebut belum diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia yang menentukan keberhasilan dunia kerja di Indonesia pada umumnya. Hal ini disebabkan karena masih tertinggalnya sumber daya manusia kita untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam dunia kerja tersebut. Kurangnya pendidikan dalam perkembangan teknologi menjadi faktor utama yang menyebabkannya. Biarpun begitu, tidak sedikit juga orang-orang yang sudah mahir dalam hal tersebut. Oleh karena itu, walaupun masih cukup banyak orang-orang yang belum mahir, keseimbangan dunia kerja masih bisa terjaga.



Bagus Muhammad Abiyu

05

XI Bahasa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Sosial dari Penggunaan Komputer dan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Model dan Prediksi Data